Tag


Dari tutorial situs http://www.apachefriends.org

Gimana sih ya kalau kita mau belajar ngblog tapi ga punya koneksi Internet… jalan keluarnya dengan XAMPP anda dapat mensimulasikan semua yang bisa terjadi pada situs blog anda secara virtual. Termasuk penginstalan update patch, perubahan theme maupun content.
Tutorial ini ditujukan untuk Windows XP Home Edition, untuk versi XP Professional anda harus mematikan service IIS terlebih dahulu karena port yang digunakan bentrok dengan yang dipakai oleh Apache (Jika IIS-nya terinstall).
Yang dibutuhkan untuk tutorial ini adalah :
1. Package XAMPP
2. Package WordPress
3. Browser internet (seperti : IE, Firefox, Opera, Netscape, dkk)
Langkah-langkah yang perlu dilakukan :
1. Download XAMPP-Lite di sini
2. Terdapat 2 tipe paket yaitu ZIP dan EXE, kita akan menggunakan yang EXE karena dapat mengekstrak dirinya secara otomatis ketika dijalankan sehingga mempermudah kita (ukurannya juga lebih kecil dari pada ver ZIP-nya).

3. Double click pada xampplite-win32…exe lalu ikuti petunjuk installasinya. nanti ada bila ada pilihan untuk install yang pasti MySQL,dan Apachenya jangan lupa di centang…

nanti terakhir jika ada pertannyaan ingin membuka control panel xampp sekarang pilih yes…dan akan muncul control panel xamppnya..seperti

iniapace dan MySQlnya di start…

4. Sekarang kita mulai, di browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, atau browser apa saja yg anda punya) ketik http://localhost enter dan hasilnya jrengg….jendela xampp terbuka
5. Akan tampil kontrol XAMPP yang berbasis Web. Dari sini pilih pada bagian Tools>phpMyAdmin. kita sedikit rubah…

Kita akan membuat database baru untuk wordpress. Caranya masukkan nama database : ’wordpress’ dan pada field disebelahnya masukkan ’utf8_unicode_ci’ kemudian tekan button Create. Untuk lebih mudahnya samakan dengan gambar dibawah ini :

Persiapan database selesai. Sekarang kita harus mendownload package WordPressnya (untuk versi terbaru dapat dilihat pada http://www.wordpress.org), gambar2 diatassaya ambil saat saya memakai ver 2.05. Package wordpress biasanya dalam format ZIP atau TAR.GZ

6.Package yang diperoleh kita extract ke directory C:\xampplite\htdocs. Hasilnya akan terdapat directory wordpress didalam folder htdocs.

7. Langkah ini paling penting jangan sampai lupa Didalam folder wordpress edit file bernama wp-config-sample.php , dengan editor seperti Notepad. Ganti sebagian settingnya mengikuti contoh dibawah ini:
// ** MySQL settings ** //
define(‘DB_NAME’, ‘wordpress’); // The name of the database
define(‘DB_USER’, ‘root’); // Your MySQL username
define(‘DB_PASSWORD’, ”); // …and password
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); // 99% chance you won’t need to change this value

Anda bisa copy paste contoh di atas,

8. Ini juga penting banget Ganti nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php karena nama inilah yang akan dicek nantinya oleh script WordPress.

9. Jalankan browser lagi dan buka alamat : http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php
muncul

Tinggal isi aja dan Install…. dan

Kita bisa mengganti passwordnya dengan kata yang lebih mudah diingat, tapi login dulu setelah itu ganti passwordnya.

10. Selesai deh.. sekarang kita bisa menulis, atau mencoba thema wordpres, jangan lupa misal mau download thema wordpress..tinggal download aj..then extrac..di c:/xampp/htdocs/wordpress/wp-content/theme/nah letakkan saja disitu nanti tinggal kita login ke wordpressnya dan kita bisa melihat dan mengganti themannya simple khan?….

11.untuk login bisa langsung ketik http://localhost/wordpress/
tampilan pertama blog ato web anda seperti ini dengan thema standar dari wordpress

Artikel khusus bagi temen yang ingin belajar utak-atik web..tapi g punya koneksi internet..heheh termasuk saya..klo yang bisa full akses ya mending langsung coba di hostingan.

Selamat Mencoba….