Tag

,


Tidak semua hasil koreksi penulisan huruf kapital dalam Excel dilakukan dengan­ benar. Bagaimana mengatasinya? Sama dengan Word Fungsi koreksi huruf kapital pada Excel juga dapat diatur sedemikian rupa.

Fungsi koreksi penulisan secara otomatis di Excel ternyata sering sama merepotkannya dengan fungsi yang sama  di dalam aplikasi Word. Khususnya pada penulisan dua huruf besar atau kapital pada sebuah kata. Aplikasi Excel pun langsung mengira jika Anda telat melepas tombol [SHIFT]. Akibatnya, huruf kedua pada kata tersebut langsung diubah menjadi huruf kecil. Contohnya, ketika Anda hendak menulis nama perusahaan “IDsaya”, Excel langsung mengoreksinya menjadi “Idsaya”.

Solusinya, Anda perlu menonaktifkan fungsi koreksi otomatis tersebut. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut ini. Pada MS-Excel 2003 anda pilih Menu – Tool – AutoCirrect Option dan Setelah muncul “Kotak Dialog AutoCorrect “ hilangkan tanda centang pada “Correct TWo INitial Capitals” setelah selesai Klik OK.

Pada Microsoft Excel 2007 anda dapat mengklik tombol “Office” yang berada di pojok kiri atas menu Excel dan aplikasi Excel akan me­nam­pilkan window pengaturan “Excel Options”. Pada panel sebelah kiri, klik pilihan “Proofing” dan dilanjutkan dengan mengklik tombol “AutoCorrect Options” untuk menampilkan menu pengaturannya. Di sana,  Anda dapat menghilangkan tanda centang pada boks “Correct Two Initial Capitals”. Langkah terakhir, tutup semua window yang ditampilkan dengan menekan tombol “OK”.