Tag


Sudah pasti tahu Google bukan? Mungkin saja kamu bahkan pengguna Google Maps.  Nah, Google kini makin mendekatkan diri  dengan penggunanya di Indonesia.  Setelah Google Chrome dengan tema lokal, bulan ini Google memperkenalkan Google Maps Indonesia dengan alamat www.maps.google.co.id.

Di situ kamu bisa mendapatkan peta jalan-jalan di Indonesia, termasuk petunjuk arah untuk mengemudi dan jarak dalam kilometer.  “Ini bukan sekadar peta digital, tapi sudah diintegrasikan dengan lokasi-lokasi menarik seperti kafe dan informasi tentangnya. Gratis diunduh. Semua lokas-lokasi gratis dari Google itu ditempatkan dalam satu halaman,” jelas Andrew McGlinchey (Product Manager, Google Southeast Asia) dalam acara peluncuran Google Maps Indonesia di Jakarta  (6/10).

Tampilan Google Maps

Selain versi browser di PC, Google Maps Indonesia juga tersedia untuk versi ponsel. “Untuk yang di ponsel, kita bisa tahu posisi kita saat ini dengan My Location. Akan memberikan perkiraan lokasi kita jika fasilitas GPS tidak terpasang di ponsel kita. Tidak akurat sekali karena merupakan perkiraan,” kata Andrew.

Rasa lokal di peta itu makin kuat melalui kehadiran dua mitra lokalnya, Urbanesia.com dan Lewatmana.com. Urbanesia.com yang merupakan direktori untuk hal-hal yang terkait dengan gaya hidup, aku Andrew,  adalah mitra lokal terbesar Google di Indonesia saat ini.

Bentuk konkrit kerjasama Google dengan Urbanesia itu muncul dalam kemudahan mencari tempat-tempat menarik seperti kafe. “Misalnya mau cari pancake di Jakarta,” begitu contoh Selina Limman (Pendiri Urbanesia.com). Maka di lokasi terdekat kita akan dimunculkan tempat-tempat yang  menyajikan pancake.

Sedangkan dengan penyedia informasi lalu lintas dari komunitas, alias lewatmana.com, hadir informasi tentang petunjuk arah saat mengemudi dari satu tempat ke tempat lain.  Cukup masukkan nama jalan atau lokasi kamu saat ini dan lokasi yang dituju, lalu tekan tombol Petunjuk untuk Mengemudi, dan tekan Petunjuk Arah. Maka di peta akan hadir lintasan berwarna biru sebagai penunjuk jalan-jalan yang harus dilalui. Kamu juga bisa memilih rute yang tidak melintasi jalan tol. Di bagian bawah, sisi kiri, akan tercantum nama-nama jalan yang harus ditempuh.

O ya, Google Maps Indonesia for Mobile bisa dipakai di semua ponsel yang punya koneksi Internet, termasuk  BlackBerry, Android, iPhone  Kalau berminat, silakan unduh aplikasi gratis tersebut dari http://m.google.co.id/maps.

Sumber : tabloidpcplus