Tag

, , , , , , , , ,


Mungkin banyak sekali materi seperti ini bila anda melakukan pencarian di google, namun tidak apalah saya hanya ingin membagikan pengalaman saya sendiri dengan sebuah trik aman melindungi computer dari kerusakan yang diakibatkan salah pemakaian, virus, atau karena computer terlalu banyak menginstall program sehingga computer menjadi lambat.

Trik ini sangat sederhana kita hanya memadukan dua softwere yaitu Softwere Deepfreeze dan Anti Virus dan softwere utility, saya sudah mengunakan trik ini lebih dari satu tahun yang lalu dan sampai sekarang computer saya masih normal dan terbebas dari virus.


1. Anti Virus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Antivirus – antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware – malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

2. Deepfreeze
Deep Freeze adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengembalikan sistem operasi komputer kita ke keadaan semula setelah melakukan restart, atau dengan kata lain membekukan sistem operasi komputer kita. Kalau sobat blogger sering ke warnet, pasti udah pada tau kan?? soalnya sekarng warnet banyak yang menggunakan Deep Freeze . Hampir setiap warnet yang saya jumpai, menggunakan program Deep Freeze.

3. Softwere Utility

Sofwere ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer menghapus file yang tidak terpakai dari sistem, memungkinkan Windows berjalan lebih cepat dan membebaskan ruang harddisk. juga membersihkan jejak aktivitas online seperti riwayat Internet Anda.  dan dapat juga membersihan registry yang tidak terpakai.

Saya merekomendasikan CCleaner. Softwere ini berfungsi untuk membersihkan Komputer Anda, melindungi privasi online Anda dan membuat komputer Anda lebih cepat dan lebih aman. Mudah digunakan dan untuk men-download nya lebih cepat karena file yang kecil

Bagaimana cara melakukan trik ini ?

  • Trik ini dilakukan ketika computer kita dalam keadaan freez dan terbebas dari virus, sebaiknya dilakukan ketika kita baru menginstall windows.
  • Setelah kita menginstall windows dan program-proram yang kita butuhkan, kemudian kita install softwere utillity seperti yang saya rekomendasikan diatas, untuk membersihan registry yang sudah tidak terpakai, softwere ini juga dapat mengatur proses star up windows, dimana program-program yang tidak perlu dapat kita disable kan.
  • Proses selanjutnya adalah kita menginstall Deepfreeze, dan dalam menginstall Deepfreeze sisakan partisi untuk menyimpan data, misalkan kita punya dua partisi C dan D maka hanya C yang kita lindungi dengan Deepfreze.
  • Anti virus yang kita gunakan terserah apa saja yang menurut anda bagus, yang terpenting jangan main sikat/delete tetapi ada proses karantina.

Contoh Penggunaan Trik ini :

  • Kadang kala kita butuh program-program yang tidak kita gunakan setiap waktu bahkan setelah kita install dan maksud kita sudah terpenuhi program tersebut tidak pernah digunakan, maka semakin banyak kasus demikian karena lamanya waktu semakin banyak program yang kita install di computer kita sehingga computer kita menjadi lambat, dengan softwere deepfreeze hal ini bisa diatas, sekiranya program tersebut nantinya tidak begitu kita butuhkan kita install program tersebut dalam keadaan deepfreez On, sehingga begitu restart komputer dalam keadaan seperti semula.
  • Contoh lagi kita mempunyai program / permainan yang sangat kita butuhkan tapi program tersebut dianggap suspect oleh anti virus padahal kita yakin bahwa program tersebut aman untuk komputer kita, Bagaimana cara mengatasinya?? Kita masih bisa menggunakan program tersebut dengan cara kita masukan program tersebut dalam keadaan deefreeze off dan antivirus di nonaktifkan, setelah itu kita selesai menginstall, kita kembali aktifkan Deepfreeze dan Antivirus. Apabila kita ingin menggunakan program tersebut kita nonaktifkan saja antivirusnya. Apabila program tersebut tidak kita gunakan dan terbaca oleh antivirus kita biarkan saja mau remove atau karantina tidak masalah karena begitu computer kita restart computer akan kembali seperti semula.

Emang ada kelemahanya trik ini, yaitu agak ribet karena kita menggunakan deepfreeze maka harus meng on off kan deepfreeze terlebih dahulu yang dalam prosesnya perlu restart apabila ingin menginstall program atau update antivirus.

Hanya itu trik nya… hehehehe sederhana kan..??? Selamat Mencoba bagi yang berminat… hehehe