Tag

, , , ,


Sebelum kita membuat Presentasi Powerpoint dengan Google Docs ada baiknya kita mengetahui apa itu Presentasi, Powerpoint dan Google Docs.

Presentasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis.
Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).
Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum.
Keahlian berbicara di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, wiraniaga, dan pengajar yang menjadi sukses dan terkenal lewat keahlian berpresentasi.

Powerpoint
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer untuk presentasi.
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
– PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint
– PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint
– POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint
– PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML

Google Docs
Google Docs adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan file server. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah (menyimpan, membuat, meng-edit) program-program aplikasi perkantoran (seperti Microsoft Office jika di Windows, atau Open Office) secara online. Semuanya dalam satu aplikasi. Tapi perlu memiliki aplikasi office.
Begitu dahsyatnya Google Docs, hingga beberapa kalangan menyebut Google Docs adalah pembunuh aplikasi office (Microsoft Office, Open Office, Neo Office dan sebagainya).

Oke setelah kita mengetahui pengertian dari Presentasi, Powerpoint dan Google Docs sekarang kita membuat presentasi dengan power point dan dan selanjutnya kita tampilkan di web / blog.

  • Kita buat terlebih dahulu presentasi yang akan kita tampilkan dalam blog/web. apabila koneksi internet anda lambat saya sarankan anda membuatnya secara offline dengan menggunakan microsoft office powerpoint, dalam tutorial ini saya anggap anda telah mempunyai dokumen powerpoint yang telah dibuat dengan microsoft office powerpoint.
  • Setelah anda mempunyai dokumen powerpoint login dengan akun google anda di Docs.Google.com
  • Setelah masuk pada google docs langkah selanjutnya adalah mengupload file yang tadi telah dibuat dengan cara mengkilik ikon upload lihat Gambar 1,  dan Pilih File lihat Gambar 2 dan pada kotak unggah berkas pilih file anda yang tadi dibuat lihat Gambar 3

Gambar1

Gambar 2

Gambar 3

  • Setelah file presentasi kita terupload kita atur privasi file tersebut dengan cara klik kanan pada file yang tadi diupload dan pilih share (lihat Gambar 4), pada kotak dialog Sharing Setting Rubah Privat-Only menjadi Publik lihat Gambar 5

Gambar 4

Gambar 5

  • Untuk melihat/menampilkan hasil dari file presentasi yang tadi kita upload kilik kanan pada file dan pilih Open (Lihat Gambar 6) kemudian akan terbuka tab baru yang menampilan dokumen powerpoint tersebut.

Gambar 6

  • Kita dapat memperbaiki/mengedit dokumen tadi secara online apabila diperlukan
  • Selanjutnya bagaimana kita menampilakan pada blog kita ? kita hanya membutuhkan embed dari file ini yang nantinya akan diletakan pada web/blog kita. caranya pilih menu file–> publish to the web (lihat gambar 7) selanjutnya akan muncul kotak dialog publish to the web, klik star publishing maka akan muncul embed yang nantinya kita simpan pada blog/web kita (Lihat Gambar 8)

Gambar 7

Gambar 8

  • Langkah terakhir adalah menyimpan pada blog/web kita, caranya buka post / halaman yang akan ditampilkannya presentasi tersebut, paste kan embed yang tadi kita copy pada langkah sebelumnya. jangan lupa gunakan mede HTML pada saat kita mem paste kan embed tadi.

Contoh :

Selamat mencoba…